Laman

10 November, 2013

Workshop Manga at Mangafest 2013

Saya amat sangat tertarik sama dunia jejepangan. Dari SD saya dan beberapa teman saya sering iseng bikin komik. Ya.. cuma iseng, dan dengan ilustrasi khas anak SD. SMP, saya cuma hobi baca komik macem-macem dan nonton anime. Awal SMA, saya dikenalkan boyband jepang bernama Hey! Say! Jump! dan dikenalin idol group AKB48 sama Upi. Jadi makin ngefans deh sama Jepang! Duh..

Sudah lama juga saya kepengen jadi komikus. Kelas empat SD waktu itu. Namanya juga anak kecil. Cita-cita berubah setiap saat. Akhirnya SMP saya cuma suka gambar dikit, SMA suka gambar dikit dan nggak nyoba ngegambar dengan suatu cerita. Berhubung ada workshop manga saat Manga Fest 2013 ini, plus ada Mas Sweta Kartika, Mas Is Yuniarto, dan Mas Matto, saya semangat banget buat ikutan workshop-nya. Apalagi waktu SMP saya sempet dipinjemin komik karya Mas Is Yuniarto, Garudayana, dan Wind Rider. Makin semangat lah! Saya ikut-ikutan nge-fans sama Mas Is Yuniarto :"D

Akhirnya saya ikut workshopnya. Sempet sedih sih karena awalnya saya kira workshopnya di auditorium. Well, saya udah nunggu dan ternyata saya baru inget kalau workshopnya di gedung A di A201. Alhamdulillah saya belum telat banget :"D

Sebelum workshop saya sempetin buat foto bareng Mas Is Yuniarto di booth merchandise Garudayana, Wind Rider, dan macam-macam.
foto saat workshop manga.
foto ini dari dokumentasi panitia Manga Fest FIB UGM 2013

saya bersama Mas Is Yuniarto

dapet tanda tangan Mas Is Yuniarto plus disemangatin XD
Sampai jumpa di Mangafest tahun depan! :D

08 November, 2013

Merajut! Knit & Crochet

Heyho! Tahu nggak hobi saya? Yah emang banyak banget sih.. salah satunya merajut :D
Sayangnya selama ini saya hanya bisa merajut dengan teknik crocheting. Saya mempelajarinya saat duduk di kelas 1 SMA bersama guru seni saya, Bu Diana. Pelajaran seni kelas 1 SMA itu yang paling menarik menurut saya. Bagi perempuan ada pelajaran menjahit, memasak, merajut, juga mempelajari teknik mencelup kaos di cat yang untuk kaos. Menyenangkan :D Dari semuanya, saya paling suka saat diajari merajut. Awal mula belajarnya memang susah, namun karena saya suka, saya amat sangat tertarik dan bersemangat untuk berusaha agar bisa lancar merajut. Saya bangga karena saya mengumpulkan hasil rajutan saya sendiri, karena beberapa ada yang menggoda saya untuk membeli rajutan yang sudah jadi. :)

Lebih disayangkan, saya hanya mengerti satu pola. Saya paling susah kalau disuruh belajar otodidak melalui buku panduan. Bingung :( Biarpun begitu, saya tetap merajut walau hanya mengerti cara membuat syal dan kupluk (sejenis topi). Selagi ada waktu senggang di dunia perkuliahan, saya membeli benang rajut dan hakpen. Hakpen itu nama jarum rajut untuk merajut dengan teknik crocheting, teknik yang saya kuasai sejak SMA. Saya pun iseng merajut syal dan nggak peduli saya bikin untuk apa. Pokoknya saya bikin aja. Kangen rajut merajut sih XD

Salah satu teman saya yang bernama Astri, melihat saya merajut. Ia lalu bercerita bahwa ia juga suka merajut dan baru belajar merajut dengan teknik knitting, yang jarumnya ada dua itu lho. Jarumnya kalau dalam bahasa Inggris disebut breien.

Mau tau bedanya crocheting dan knitting?
menurut blog yang saya baca ( http://belajarcaramerajut.com/perbedaan-merajut-crochet-dan-knitting.html )

Crochet dalam bahasa Indonesia berarti merenda. Crochet adalah kegiatan yang berhubungan dengan merangkaikan benang menggunakan alat yang disebut hakpen atau hook. Ujung benda tersebut melengkung dan berfungsi untuk merangkaikan benang. Crocheting hanya menggunakan satu hakpen. Hasil dari merenda ini lebih padat dan kaku benangnya karena satu tusukan saat merenda lebih banyak benang yang terkait.

ini contoh hasil crocheting, syal untuk Syenit.
Knitting adalah kegiatan merajut yang menggunakan dua buah jarum yang berbentuk lurus dan tajam untuk mengkaitkan benangnya. Jarum rajut tersebut dinamakan breien. Saat merajut, kedua tangan memegang jarum rajut untuk mengaitkan benang. Karena jarum yang dipakai lurus dan tajam maka jalinan benang yang dihasilkan akan lebih lembut dan lentur.

ini contoh benang katun dan breien-nya.
Rencana ingin membuat syal, masih dalam proses awal.

Sebelah kiri adalah hakpen, sebelah kanan adalah breien.
warna merah terang itu hasil crochet, warna merah marun yang mendekati cokelat itu masih dalam proses knitting.
Oh iya, saya sempat bilang kan kalau saya susah otodidak?
Nah mau tau nggak saya belajar knitting darimana?
Kemarin sore, Astri ngajak saya ke sebuah toko di daerah Monjali, tepatnya di Jl. Palagan Tentara Pelajar 132 Sleman, Yogyakarta 55581Nama tempat itu adalah Poyeng Knit Shop. Tokonya menyenangkan. Ada Mbak Ria yang jaga toko itu, sekaligus yang pertama kali mengajari saya merajut dengan teknik knit. Saya menggunakan breien ukuran 4 mm dan benang katun warna merah marun. Dengan sabar Mbak Ria mengajari saya membuat cast on, atau bagaimana cara memulai merajut, sebelum membentuk pola. Menyenangkan sekali! Nongkrong sekaligus belajar merajut disana.. mempelajari buku teknik merajut yang ada disana (walaupun saya nggak ngerti dan susah mengikuti cara merajut lewat buku panduan :" huhu). Disana nggak hanya bisa beli benang rajut dan breien atau hakpen, tetapi juga bisa membeli buku panduan merajut, membeli beraneka kancing, dan berbagai macam benda yang berhubungan dengan merajut. Kalau mau belajar merajut pun dengan senang hati Mbak Ria dan kawan-kawan mau mengajari dengan sabar. Ada minuman dan cemilan juga yang dijual disana sebagai teman belajar merajut. Pokoknya, nyaman sekali berada disana :D
Duh, jadi nggak sabar melanjutkan rajutan :D

Terima kasih banyak ya Mbak Ria atas ilmu merajutnya :D
Terima kasih banyak juga buat Astri yang udah membawa saya ke tempat yang amat menyenangkan :D

with love,
Dyah Prajnyandari

p.s. sayang saya nggak punya foto suasana tokonya, berhubung hape saya mati saat ke toko itu :(

Jogja Book Fair, Pameran Seni Rupa Ngawe Kadang

Beberapa waktu lalu, Saya, Dhifa, Nisah, dan Izul pergi ke Jogja Book Fair 2013 yang bertempat di Gedung Mandala Wanitatama di dekat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Book Fairnya ada banyak penerbit juga toko. Ada Bentang Pustaka, Mizan, Galang Press, Great, Kompas, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Banyak buku yang diskon, lho! :D Ada lomba menyanyi juga. Waktu itu sempat ada Trinity dan Nina Moran. Diskusi tentang buku mereka sekaligus event signing. Saya sedih soalnya saya nggak bisa datang saat Trinity dan Nina Moran hadir. Hujan lebat waktu itu. :(

Setelah puas berkeliling Jogja Book Fair, kami pergi ke Taman Budaya Yogyakarta untuk melihat Pameran Seni Rupa Ngawe Kadang. Bagi saya itu untuk yang kedua kalinya. Kami hadir pada hari terakhir pameran. Saya nggak bosan-bosannya mengagumi karya-karya pelukis dan pembuat patung dari perunggu itu. Subhanallah keren-keren :"D

Bersyukur sekali bisa ada di kota penuh seni dan banyak sekali tempat yang mendukung hobi saya :D

Setelah itu Nisah kembali ke Jogja Book Fair untuk bertemu keluarganya. Berhubung di Taman Budaya Yogyakarta terdapat Festival Film, saya, Dhifa, dan Izul memutuskan untuk menontonnya. Waaah keren-keren ya filmnya. Menarik. Ada film yang disutradrai oleh anak SMP dan itu memenangkan award ternyata! duh saya kemana aja ya, baru tau hal keren seperti ini..






menyempatkan diri makan siang di L'cost (Mirip D'cost di Jakarta, Bogor, Bandung)


langit sore itu. Tumben, Jogja berawan.salam keliling keliling,
with love,
Dyah Prajnyandari

04 November, 2013

Stand Up Comedy Tour "Mesakke Bangsaku"

Sabtu 2 November 2013 lalu, saya bersama Nisah nonton Stand Up Comedy Tour-nya Panji Pragiwaksono yang bertema "Mesakke Bangsaku". Awal saya tahu acara ini karena Nisah dengan semangatnya memberi tahu kalau ada Stand Up Comedy Tour-nya Panji Pragiwaksono.
OMG! Panji! Kapan lagi coba saya bisa kesempatan nonton stand up comedy-nya panji secara langsung? Pasti lebih seru daripada streaming di youtube kan? XD Dengan semangat saya meng-iya-kan.

Stand Up Comedy Tour "Mesakke Bangsaku" yang diselenggarakan dengan dukungan Smartfren ini bertempat di AKS Tarakanita Pringwulung, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Acaranya mulai pada pukul 7.30 malam. Acara stand up comedy ini dibuka dengan stand up comedy pembuka pertama dari Mas Nanda Nuraziz. Keren ya orang itu. hahaha. Kocak banget!
Opening kedua ada stand up comedy dari Kamga. Well, sebagai newbie dalam dunia stand up comedy, saya awalnya nggak nyangka seorang Kamga bisa jadi comic, alias orang yang berdiri di panggung dan melakukan stand up comedy. Ternyata...WAW! Kamga, you're so cool! Dan.. lucu juga ketika dia naik ke panggung sambil bawa tab. Tau nggak buat apa? Buat ngecek jam. :)) Beberapa kali beliau ngecek jam di tab-nya. Lucu deh XD
Beres Kamga tampil... AKHIRNYA yang ditunggu tiba :D Please welcome.. Pandji Pragiwaksono! :D Saat itu, gue excited BANGET! Ah maaf ya jadi alay gini :|

Om Pandji sukses bikin gue ketawa sampe sakit perut! Joke-nya aaaaah pokoknya kocak deh. Nggak cuma hal lucu dan seru yang disampaikan oleh Om Pandji. Beliau juga membicarakan hal yang inspiratif banget. Ada juga pesan yang menjurus ke kesadaran politik pada remaja. Cerita-ceritanya.... sukses banget lah. Aaah pokoknya kalian kalau nonton pasti ngerasa beruntung dan nggak mungkin nyesel!

Ah iya, sayang banget saya duduk agak belakang karena saya dapet tiket reguler, dan reguler bagian depan udah rada keisi. Untungnya panitia menyediakan layar yang bisa memperlihatkan ekspreksi Om Pandji saat tampil. Ekspreksinyaaaaaaaa!! Hahaha nggak cuma cerita yang lucu dan seru dan inspiratif, ekspreksi dan mimik wajahnya juga bisa mengocok perut! :D

ini beberapa foto yang saya ambil saat Stand Up Comedy Tour "Mesakke Bangsaku"-->

ini panggung dari tempat saya duduk. Cukup jauh ya :|

Saya bersama Om Pandji yang super keren

Nisah dan Om Panjdi :D

saya dan Kamga :D

Nisah sama Kamga :D

nyempetin diri buat foto di booth fotonya :D
Nisah :D
Terima kasih banyak buat Nisah yang udah ngajak saya nonton Stand Up Comedy Tour "Mesakke Bangsaku" ini :D
Terima kasih banyak buat Mas Nanda Nuraziz, Mas Kamga, dan Om Pandji yang bikin malam minggu saya sebagai jomblo menjadi malam minggu yang amat menyenangkan! :D
Terima kasih banyak untuk Smartfren dan Citilink yang udah mendukung dan mensponsori acara ini :D

Salam hangat,
Dyah Prajnyandari

[Wiskul] Raminten :D

Setelah beberapa kali kesini sama keluarga, beberapa waktu lalu saya dan Nisah menyempatkan diri makan di Raminten. Ada harga yang terjangkau juga kok :D Porsi makanannya juga lumayan banyak :D

Raminten adalah nama rumah makan unik yang bertempat di Jl. FM Noto no. 7, Kotabaru, Yogyakarta.
Ada berbagai macam menu makanan di Raminten. Aneka susu, aneka jus, aneka jamu godhogan, bubur, kupat tahu, nasi, bakso, dan juga cemilan lainnya.

Kemarin saya memesan Es Monster, yaitu minuman lemon dengan batang sereh di dalamnya. Ditempatkan di gelas tinggi yang cantik, minuman ini amat menyegarkan. Nisah memesan Es Tenda, yaitu es Terong Belanda. Hahaha unik ya, namanya :D
Untuk makanan, aku pesan kupat tahu. Berhubung Nisah nggak lapar, akhirnya dia memesan Gudir Cokelat. Gudir adalah puding yang enak dan ada rasa santannya. Coklat leleh diatas Gudirnya enak banget menurutku. Karena ngiler sama Gudir yang dipesan Nisah, aku jadi ikut-ikutan pesan. Hahaha.

Harga makanan dan minuman di Raminten cukup terjangkau lho di kalangan mahasiswa. Ayo cobain ;D
Cobain juga es kelapa muda yang jumbo. Ukurannya bener-bener jumbo sampe-sampe nggak habis kalau dihabisin berdua!

Ini Nisah dengan Es Monster, Es Tenda, dan Gudir

Kupat Tahu

Gudir
Daripada kamu ngiler ngeliatin foto makanan diatas, yuk buruan ke Raminten :D

with love,
Dyah Prajnyandari

03 November, 2013

Pameran Lukisan di Taman Budaya Yogyakarta

Alohaa!
Beberapa waktu lalu di TBY (Taman Budaya Yogyakarta) ada pameran lukisan gratis lho! Aku, Nisah, dan Adam menyempatkan diri kesana setelah liat pameran di Bentara Budaya.

Pameran lukisan yang ada di TBY itu... KEREN. Jadi inget pas masuk Museum Affandi yang isinya lukisan keren-keren.. beuh..
Disini mata kita nggak cuma dimanjakan oleh lukisan yang bagus, tapi juga mikir ketika lukisannya agak sulit dicerna. Berhubung saya nggak berkecimpung di dunia lukis dan nggak terlalu ngerti, saya mengagumi sambil kadang bingung maksud lukisan tersebut. (Maaf ya, Om dan Tante pelukis :|) hehehe

ini selintas foto-foto yang sempat saya abadikan-->




ini patung dari perunggu. Ada dua patung dari perunggu yang dipamerkan di pameran ini. keren ya :D
with love,
Dyah Prajnyandari

02 November, 2013

[Wiskul] Sushi Kaki Lima

Sushi. Kangen makan di kedai sushi yang ada di Bogor sebenernya. Disini nggak ada kedai sushi itu. Nggak ada Goda Gado Roll yang menggoda. Nggak ada Salmon Spicy Roll yang selalu dengan hebatnya memanjakan lidah.
Eits. Nggak. Disini saya bukan mau ngomongin kedai sushi yang ada di Bogor. Saya mau cerita tentang Sushi Kaki Lima.
Kedai sushi ini terletak di samping Universitas Atmajaya di daerah Mrican, dan juga ada di samping Galeria Mall di jalan Prof Yohanes. Kalau punya kendaraan pribadi, nggak susah kok ke Sushi Kaki Lima :p saran saya sih ke Sushi Kaki Lima yang di samping Universitas Atmajaya soalnya buka dari jam 10.00-21.00 :) Kalau Sushi Kaki Lima yang di sebelah Galeria Mall buka dari jam 16.00-22.00. Kalau dari tempat saya sih lebih deket ke Sushi Kaki Lima yang berada di sebelah Galeria Mall :)

Kabar gembiranya adalah... Sushi Kaki Lima menyediakan menu Sushi Gocenk yang jelas diketahui kalau harganya Rp5.000,- dan juga free ocha. Ah enaknya kalau yang di daerah Mrican, ocha-nya bisa milih mau ocha hangat atau ocha dingin.
Nggak hanya itu, Sushi Kaki Lima yang berada di daerah Mrican juga menyediakan onigiri isi salmon seharga Rp15.000,-/2 potong. Gede loh onigirinya :)
Kalau Sushi Kaki Lima yang ada di jalan Prof. Yohanes ada menu yakitori yang nggak kalah enak plus bonus mini onigiri 3 potong. Nggak kalah enak :)

Ada menu yang recommended juga walau harganya nggak goceng. California Roll, dan juga satu set salmon, tobiko, dan udang.
California Roll adalah sushi dengan isi sosis, tempura, dan batter kemudian di roll dengan nori didalamnya kemudian dibalut dengan tobiko (telur ikan terbang) lalu diberi garnish original mayo, biji wijen, dan katsuo boshi diatasnya (source: http://sushikakilima.com/menu.php?menu=makanan).
Kalo satu set salmon, tobiko, dan udang udah jelas kan? dua potong sushi yang toppingnya salmon, satu potong sushi bertopping udang rebus, dan dua potong sushi yang bertopping telur ikan terbang, atau tobiko. Sushi ini memanjakan lidah sekali. Hahaha.
Sushi Kaki Lima juga menyediakan kudapan lho :D 

ini sekilas foto yang sempat saya abadikan --->

goceng roll dan satu set tobiko, salmon, dan udang.
(ini di Sushi Kaki Lima daerah Mrican)


dua set goceng roll.
(ini di Sushi Kaki Lima di Jl. Prof Yohanes)
Penasaran nggak sama tempatnya? Ayo buruan coba :D

salam wisata kuliner,
Dyah Prajnyandari